SEKILAS INFORMASI
: - Friday, 12-08-2022
  • 2 tahun yang lalu / Selamat datang di portal resmi MAN 1 Konawe Selatan MAN 1 Konawe Selatan Bisa, Maju dan Terdepan
MAN 1 KONAWE SELATAN Gelar Workshop Penerapan Aplikasi Berbasis Digital dalam Pembelajaran

Untuk meningkatkan profesionalisme guru madrasah, MAN 1 Konawe Selatan bersama Kelompok Kerja Madrah (KKM) Zona I Kabupaten Konawe Selatan melaksanakan Workshop dengan tema “Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Menerapkan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Digital Abad 21”. Kegiatan workshop tersebut dilaksanakan selama tiga hari secara tentatif, dimulai tanggal 23, 24 dan 28 November 2021. Beberapa materi yang disajikan antara lain pemanfaatan akun google for education, pembuatan media pembelajaran interaktif, E-learning, Rapor Digital Madrasah, Literasi Digital serta Moderasi beragama.

Sebagai bentuk dukungan dalam pengembangan profesionalisme guru, kegiatan ini dibuka langsung oleh Kakanwil Kemenag Prov. Sulawesi Tenggara, H. Zainal Mustamin, S.Ag., M.A. Dalam sambutannya beliau berpesan para guru madrasah harus menguasai dan mampu menggunakan aplikasi pembelajaran berbasis digital dalam pembelajaran sesuai dengan program Kementerian Agama RI. Selain dalam pembelajaran, aplikasi berbasis digital juga dimanfaatkan dalam evaluasi dan penilaian di madrasah termasuk sistem adiministrasi dan pelayanannya.

Dalam kesempatan yang sama Kakanwil Kemenag Prov. Sulawesi Tenggara menyinggung kemungkinan akan adanya Cyber Class di madrasah sebagaimana di sekolah-sekolah maju lainnya. Oleh karena itu, kegiatan workshop yang berkaitan dengan pemanfaatan aplikasi digital dalam pembelajaran harus menjadi jadwal tahunan di setiap madrasah.

Kutipan Sambutan Ka Kanwil Kemenag Prov. Sulawesi Tenggara

Kegiatan workshop kali ini dirangkaikan dengan penanaman pohon dalam mendukung program Go Green Madrasah yang telah dicanangkan tahun 2020. Kegiatan ini juga sekaligus sebagai prakondisi MAN 1 Konawe Selatan dalam menata ruang terbuka hijau pasca renovasi gedung.

Ka Kanwil Kemenag Sultra bersama Kabid Pend. Madrasah dan Ka Kandepag Konawe Selatan Melakukan Penanaman Pohon

Sementara itu, Kepala MAN 1 Konawe Selatan selaku tuan rumah kegiatan workshop kali ini menuturkan bahwa harus ada output yang dapat dilihat setelah kegiatan workshop mulai dari pemanfaatan aplikasi berbasis digital hingga pengintegrasian moderasi beragama dalam pembelajaran di madrasah. “Pembelajaran berbasis digital harus menjadi visi MAN 1 Konawe Selatan kedepannya. Sehingga Ini akan menjadi daya tarik bagi siswa dan orang tua untuk memilih MAN 1 Konawe Selatan sebagai madrasah bagi anaknya” Tutup Ma’sud

TINGGALKAN KOMENTAR

MAPS SEKOLAH