SEKILAS INFORMASI
: - Friday, 03-02-2023
  • 2 tahun yang lalu / Selamat datang di portal resmi MAN 1 Konawe Selatan MAN 1 Konawe Selatan Bisa, Maju dan Terdepan
Buka Bimtek Kurikulum Merdeka, Kakanwil Ingatkan Pentingya Kompetensi Guru

Konda-MAN 1 Konawe Selatan menyelenggarakan bimbingan teknis dan evaluasi implementasi kurikulum merdeka (IKM) pada Minggu – Senin, 04 – 05 Desember 2022 di Aula Zona Alam, Kendari. Kegiatan ini dibuka oleh Kakanwil Kemenag Prov. Sulawesi Tenggara dan diikuti oleh 50 orang guru dari Kelompok Kerja Madrasah Zona I Kab. Konawe Selatan.

Turut hadir dalam acara pembukaan, yakni  Kabid. Pendidikan Madrasah, Kakankemenag Kab. Konsel, Koordinator Pengawas Madrasah Kab. Konsel, Narasumber dan Tenaga Kependidikan MAN 1 Konsel.

Saat memberikan sambutan, Kakanwil Kemenag Sultra, H. Zainal Mustamin menyampaikan apresiasi kepada Kepala MAN 1 Konawe Selatan yang menginisiasi kegiatan Bimtek.

“Pak Ma’sud ini memang spesialis pilotting project madrasah. Ia sudah teruji selalu berhasil melaksanakan kebijakan yang bersifat baru di madrasah. Sebagai pilotting project implementasi kurikulum merdeka, hari ini beliau kembali membuat terobosan dengan menghadirkan instruktur nasional untuk membimbing bapak/ibu guru mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran. Oleh karena itu, kegiatan bimtek ini diikuti dengan serius sehingga pemateri punya jejak positif yang ditinggalkan untuk kita semua,” ujarnya.

Kakanwil mengharapkan dari bimtek ini para guru mengetahui seluk beluk kurikulum merdeka yang dapat diwujudkan dengan meningkatkan prestasi madrasah.

“Penguatan kompetensi guru tentang kurikulum merdeka sangat penting karena pendidik yang kompeten dapat menjadi daya tarik siswa dalam memilih madrasah untuk menimba ilmu. Madrasah harus punya distinct sehingga menjadi the first choice bagi orang tua untuk menyekolahkan anaknya. Semuanya harus diawali oleh guru,” ucapnya.

Di akhir sambutannya, kakanwil mengingatkan kembali bahwa profesi guru memiliki tugas yang cukup berat namun merupakan pekerjaan yang mulia.

“Setelah bimtek ini, saya berharap kita menjadi pendidik yang terdidik, yang mendidik peserta didik dengan pendidikan yang mendidik,” tutupnya.

Hadir sebagai narasumber pada Bimtek kali ini adalah Dr. Abdul Malik, S.Pi., M.Si selaku instruktur nasional IKM. Materi yang diberikan kepada peserta, yakni penyusunan tujuan pembelajaran (TP), alur tujuan pembelajaran (ATP), modul pembelajaran dan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP).

Dokumentasi Kegiatan:

TINGGALKAN KOMENTAR

MAPS SEKOLAH

Agenda