SEKILAS INFORMASI
: - Tuesday, 23-04-2024
  • 3 tahun yang lalu / Selamat datang di portal resmi MAN 1 Konawe Selatan MAN 1 Konawe Selatan Bisa, Maju dan Terdepan
Mengintip Persiapan 5 Wakil MAN 1 Konsel Jelang KSM Provinsi 2023

Konda (30/07) – 5 siswa wakil MAN 1 Konawe Selatan intensif mengikuti bimbingan dari guru pembimbing Kompetisi Sains Madrasah (KSM), guna mendapatkan prestasi maksimal dalam ajang KSM Provinsi 2023 yang akan digelar pada 5-8 Agustus.

Pasca pengumuman KSM Kabupaten. kegiatan bimbingan dilaksanakan setiap hari sehingga 5 siswa tersebut dipisahkan dari kelompok belajar reguler untuk fokus mengikuti bimbingan.

“Debi, Dyna, Dika, Aulia dan Usna kita fokuskan dulu untuk persiapan KSM Provinsi. Mereka ini adalah duta madrasah Kab. Konawe Selatan. Oleh karena, diharapkan kepada para pembimbing untuk memberikan bimbingan secara maksimal sehingga madrasah kita dapat mengukir prestasi di ajang ini”, ujar Ma’sud Achmad, Kamad MAN 1 Konsel (Sabtu/30/07).

Kata Dika Abdillah, salah satu wakil MAN 1 Konawe Selatan di bidang kimia, bimbingan dilaksanakan sepanjang hari dengan terlebih dahulu berlatih secara mandiri.

“Kami disiapkan bank soal KSM Provinsi maupun nasional dari tahun sebelumnya. Soal tersebut dieksplorasi secara mandiri. Nanti tiga jam sebelum pulang, dibahas bersama guru pembimbing,” jelas Dika (Sabtu/30/07).

Tidak hanya sampai di situ, Dika menjelaskan bahwa bimbingan berlanjut sampai malam hari di rumah melalui online.

Sementara itu, Debi Prihandayani, wakil MAN 1 Konawe Selatan di bidang fisika, mengatakan bahwa tantangan yang dihadapi dalam menyelesaikan soal KSM Fisika adalah terintegrasi dengan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

“Bimbingan KSM ini sangat menantang karena soalnya terintegrasi dengan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Jadi, beberapa soal saya harus meminta bimbingan ke guru Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Tetapi, hal positifnya dapat menambah kosakata dari dua bahasa tersebut,”ungkap Debi (Sabtu/30/07).

Ketua Tim Koordinator Akademik MAN 1 Konawe Selatan, Roy Izen Mustakim, membenarkan bahwa MAN 1 Konsel intensif menggelar bimbingan jelang KSM Provinsi 2023.

“Bimbingan dimulai sejak lima siswa tersebut lolos KSM Provinsi 2023. Namun, kami tidak terlalu memaksakan. Kalau siswa tampak kelelahan, kami beri waktu istrahat,” tutup Roy (Sabtu/30/07).

Berikut nama-nama lima siswa wakil MAN 1 Konsel di ajang KSM Provinsi 2023:

No. Nama Bidang
1. Aulya Zidny Merry Biologi Terintegrasi
2. Usnah Hidayanti Biologi Terintegrasi
3. Dika Abdillah Suryana Kimia Terintegrasi
4. Dyna Syarmila Kimia Terintegrasi
5. Debi Prihandayani Fisika Terintegrasi

Dokumentasi bimbingan:

TINGGALKAN KOMENTAR

MAPS SEKOLAH

Agenda