SEKILAS INFORMASI
: - Friday, 12-07-2024
  • 3 tahun yang lalu / Selamat datang di portal resmi MAN 1 Konawe Selatan MAN 1 Konawe Selatan Bisa, Maju dan Terdepan
MAN 1 Konsel Selenggarakan Isra Mikraj Tahun 2024

Konda-MAN 1 Konawe Selatan menyelenggarakan peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad 1445 H di Aula Mini Madrasah, Kamis (08/02/2024)

Dalam kesempatan ini Kepala MAN 1 Konawe Selatan, Ma’sud Achmad optimis dengan diadakannya kegiatan Peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW akan semakin menyadarkan pentingnya ilmu dan menjaga ibadah shalat.

“Kegiatan hari ini merupakan bagian pembelajaran selain guru di madrasah. Output dari kegiatan ini akan tampak dalam pengetahuan tentang hikmah Isra Mikraj dan tindakan menjaga shalat. Saya berharap sebelum memulai pelajaran bapak/ibu guru mengevaluasi terlebih dahulu apa yang diperoleh siswa dalam kegiatan ini”tegas Ma’sud.

Hadir juga dalam kegiatan ini Ketua Komite MAN1 Konawe Selatan, Jainal. Ia menyampaikan bahwa kehadirannya mewakili dukungan orang tua siswa terhadap setiap program pengembangan MAN 1 Konawe Selatan.

“Saat ini MAN 1 Konawe Selatan mengalami kemajuan yang signifikan. Mari kita beri apresiasi yang tinggi kepada `Kepala Madrasah, Bapak Ma’sud Achmad”ucap Jainal, yang disambut tepuk tangan meriah dari hadirin.

Sementara itu, pembawa hikmah peringatan Isra Mikraj 1445 H yakni Ustadz Dr. H. Hasdin Has, Lc.,S.Th.I., M.Th.I, alumni Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir. Ia menguraikan hikmah Isra Mikraj dalam tiga hikmah utama.

Pertama, peristiwa Isra Mikraj menunjukkan sebagian besar kekuasaan Allah SWT. Peristiwa ini tidak dapat dipahami dengan logika melainkan dengan pendekatan keimanan. Salah satu caranya yakni rajin mengkaji Alquran dengan ilmu Munasabah Quran. Dengan pendekatan ini, kita akan menemukan keterkaitan antara Surat Al Isra dan An Nahl yang memudahkan kita memahami peristiwa Isra Mikraj.

Kedua, peristiwa Isra Mikraj menunjukkan pentingnya ibadah shalat. Ibadah yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW secara langsung di langit tujuh hanyalah shalat. Terkait dengan hal tersebut, juara kelas tidak berarti jika sang juara sering melalaikan shalat. Sebaliknya, siswa yang memiliki kemampuan akademik yang biasa-biasa saja tetapi menjaga shalatnya maka Ia tergolong orang sukses.

Ketiga, peristiwa Isra Mikraj menunjukkan pentingnya Palestina bagi umat Islam. Ada tiga mesjid yang memiliki keutamaan bagi umat Islam untuk dikunjungi. Salah satunya berada di Palestina, yakni Masjidil Aqsa. Apalagi mesjid ini menjadi bagian penting dalam peristiwa Mikraj Nabi Muhammad SAW. Marilah senantiasa kita doakan saudara-saudara kita di Palestina.

Video Kegiatan:

TINGGALKAN KOMENTAR

MAPS SEKOLAH