SEKILAS INFORMASI
: - Tuesday, 17-05-2022
  • 1 tahun yang lalu / Selamat datang di portal resmi MAN 1 Konawe Selatan MAN 1 Konawe Selatan Bisa, Maju dan Terdepan
MENGENAL LEBIH JAUH E-PERPUS BABUL ILMI, PERPUSTAKAAN DIGITAL MAN 1 KONAWE SELATAN

E-Perpus merupakan salah satu upaya MAN 1 Konawe Selatan dalam mewujudkan visi madrasah berbasis digital. E-Perpus yang digunakan terintegrasi dalam aplikasi yang bernama Smart Library. Aplikasi ini merupakan layanan yang dikembangkan oleh Gramedia dalam rangka untuk memudahkan pengelolaan perpustakaan digital. Dikutip dari laman https://www.eperpus.com/home/ Smart Library tidak hanya menyasar dunia sekolah tetapi juga dapat dimanfaatkan oleh universitas, korporat, pemerintah dan organisasi. Dengan demikian Smart Library menyediakan berbagai jenis buku bacaan dari penerbit yang berkualitas. Hal ini sangat cocok dijadikan sebagai media pengembangan literasi membaca madrasah.

Perpustakaan digital MAN 1 Konawe Selatan bernama e-Perpus Babul Ilmi. Secara harafiah, Babul Ilmi berasal dari Bahasa Arab yang berarti pintu/gerbang ilmu. Sementara itu, secara filosofis pintu/gerbang merupakan muara awal menuju suatu kawasan masa depan yang cerah dan memberikan kesuksesan bagi orang yang tinggal didalamnya.  Dengan demikian, jika dikaitkan dengan keberadaan e-Perpus Babul Ilmi di MAN 1 Konawe Selatan, perpustakaan digital ini tidak menutup kemungkinan akan memberikan masa depan yang cerah dan kesuksesan baik secara kelembagaan maupun individu. Tentu hal ini akan terwujud jika e-Perpus Babul Ilmi menjadi sumber referensi bagi setiap warga MAN 1 Konawe Selatan. Siapapun yang memberdayakan e-Perpus maka berarti sedang memperluas cakrawala pengetahuannya sehingga akan mengikuti perkembangan zaman secara up to date.

Fitur apa saja yang terdapat dalam e-Perpus Babul Ilmi?

Dikutip dari laman https://www.eperpus.com/home/ tampilan fitur utama bagi tim pengelola e-Perpus dapat dilihat seperti pada gambar berikut.

Dashboard analitik merupakan fitur yang menampilkan aktivitas pengunjung baik dalam bentuk grafik maupun angka. Tim pengelola dapat melihat aktivitas pengunjung mulai dari banyaknya yang mengakses aplikasi, durasi waktu yang digunakan hingga daftar buku apa saja yang telah dipinjam. Aktivitas pengunjung tersebut akan ditampilkan dalam bentuk grafik berupa pengunjung terbanyak dan jumlah pengunjung pada setiap hari. Sistem laporan yang seperti ini memudahkan madrasah dalam memberikan reward kepada siswa pengunjung terbanyak sekaligus sebagai bahan evaluasi secara tepat minat baca siswanya.

Manajemen konten memuat aktivitas yang dapat dilakukan oleh tim pengelola dalam melihat produk terbaru dan berlangganan dengan penyedia bacaan. Untuk menambahkan konten yang diproduksi oleh sendiri, tim pengelola dapat memanfaatkan fitur tambah konten dan fitur request. Setelah ditambahkan konten tersebut akan menjadi koleksi bacaan dalam e-Perpus Babul Ilmi. Sementara itu, untuk manajemen peminjaman berupa pengaturan jangka waktu peminjaman tim pengelola dapat memanfaatkan fitur pinjam/unduh konten.

Fitur utama e-Perpus Babul Ilmi bagi pengunjung lebih sederhana karena hanya memuat manajemen akun. koleksi buku dan aktivitas peminjaman seperti terlihat pada gambar berikut.

Manajemen akun dapat digunakan oleh pengunjung untuk mengganti profil, melihat bacaan apa saja yang telah dipinjam dan daftar tunggu bacaan. Untuk melihat koleksi bacaan, pengunjung dapat mengunjungi menu perpustakaan. Koleksi bacaan tersebut secara rinci dapat dapat dilihat di menu kategori. Sementara itu, jika ingin meminjam bacaan pengunjung dapat mengunjungi menu perangkat. Di menu inipengunjung juga dapat menukar bacaan yang telah dipinjam dengan bacaaan lain.

Siapa saja yang dapat berkunjung ke e-Perpus Babul Ilmi?

Dalam dunia sekolah, e-Perpus dapat diakses oleh warga sekolah yang telah mendapatkan akun dari tim pengelola. Akun tersebut berfungsi sebagai tiket utama untuk membuat password di e-Perpus Babul Ilmi sesuai dengan keinginan pengunjung. Distribusi akun tersebut kepada warga sekolah menjadi tanggung jawab penuh tim pengelola. Lalu, bagaimanakah dengan siswa yang pindah sekolah atau telah menamatkan pendidikan di MAN 1 Konawe Selatan? Apakah masih bisa berkunjung ke e-Perpus? Jawabannya adalah iya, selama akunnya belum dihapus oleh tim pengelola.

Bagaimana alur peminjaman bacaan di e-Perpus Babul Ilmi?

Langkah awal bagi pengunjung agar dapat meminjam bacaan di e-Perpus Babul Ilmi adalah mengunduh aplikasi Smart Library di Play Store. Seperti halnya aplikasi lain, ketika masuk dalam e-Perpus Babul Ilmi maka pengunjung menggunakan akun yang telah dibuat oleh tim pengelola perpustakaan untuk masuk ke menu utama. Pada bagian kanan tersedia fitur pinjam/unduh konten. Pengunjung dapat memilih bacaan sesuai dengan keinginannya. Jika buku yang diinginkan telah didapatkan maka pengunjung mengklik tombol “pinjam” sehingga bacaan tersebut akan terunduh secara otomatis. Secara sederhana, diagram alir peminjaman buku di e-Perpus Babul Ilmi dapat dilihat pada gambar berikut.

Peminjaman bacaan di e-Perpus Babul Ilmi dibatasi baik banyaknya bacaan yang dipinjam maupun jangka waktu peminjamannya. Banyaknya bacaan yang dapat dipinjam oleh pengunjung adalah minimal tiga buah. Jika melebihi jumlah tersebut maka akan ditolak secara otomatis oleh sistem e-Perpus Babul Ilmi. Sementara itu, jangka waktu peminjaman ditentukan oleh tim pengelola melalui akun control panel e-Perpus Babul Ilmi.

Bacaan apa saja yang tersedia di e-Perpus Babul Ilmi?

Bacaan yang tersedia di smart library memiliki beraneka ragam jenis mulai dari majalah, ensiklopedia ataupun buku pegangan guru dan siswa. Bacaan tersebut berbentuk e-book pdf. E-book pdf merupakan buku digital yang berisikan informasi digital yang dapat berwujud teks atau gambar. Berdasarkan menu kategori, bacaan yang tersedia di e-Perpus Babul ilmi meliputi: Business and Investing, Children, Children Age 8-12, Comics and Graphic Novels, Computer and Technology, Education and Test Preparation, Islam, Law and Tax, Mystery, Thriller and Suspense, Parenting and Relationships, Politics, Affairs and Social Sciences, Reference and Dictionary, Religion and Sprituality dan Science and Nature

 

TINGGALKAN KOMENTAR

MAPS SEKOLAH