SEKILAS INFORMASI
: - Wednesday, 30-11-2022
  • 2 tahun yang lalu / Selamat datang di portal resmi MAN 1 Konawe Selatan MAN 1 Konawe Selatan Bisa, Maju dan Terdepan
Pembelajaran Project Matematika: Pembuatan Alat Peraga Materi Turunan Fungsi Aljabar

Pembelajaran project merupakan salah model pembelajaran yang dikehendaki dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Pembelajaran ini ditandai dengan pemberian serangkain tugas project kepada siswa yang diselesaikan dalam kurun waktu tertentu. Dalam melaksanakan aktivitas belajarnya, siswa dikelompokkan dalam beberapa kelompok. Tujuannya adalah agar siswa mampu berkolaborasi dan menghasilkan karya yang kreatif dan inovatif sebagaimana Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka Belajar

Pembelajaran project matematika diterapkan pada kelas XI IPS 1 MAN 1 Konawe Selatan materi turunan fungsi aljabar. Materi ini merupakan materi yang cukup kompleks karena membutuhkan abstraksi yang cukup tinggi. Menurut Ali Mahmudi (2017) untuk mengkongkritkan hal yang abstrak  perlu bantuan alat peraga. Dengan demikian, pembelajaran project matematika kali guru mengajak siswa untuk membuat  suatu alat peraga  agar  dapat membantu siswa memahami konsep  turunan fungsi aljabar dengan tepat dan mudah.

Project matematika yang dihasilkan terdiri dari dua jenis, yaitu  alat peraga materi turunan fungsi aljabar berbentuk roda/putaran turunan dan tangga turunan seperti pada gambar utama di atas.

Roda turunan dimaksudkan agar siswa mampu menemukan sendiri (inquiry) aturan pangkat konsep turunan berikut.

Sementara itu, tangga turunan dimaksudkan untuk mendemonstrasikan aturan pangkat konsep turunan di atas dengan pendekatan turun tangga

Tahap awal kegiatan pembelajaran project dimulai dengan perencanaan. Pada tahap ini, siswa mendiskusikan alat dan bahan yang dibutuhkan hingga konsep alat peraga yang akan dibuat. Alat dan bahan yang digunakan berupa Styrofoam, gunting, cutter, lem, paku klip, kardus bekas dan double tip serta kertas bernomor. Tahap kedua, siswa mulai melaksanakan rencana yang telah disusun dengan membuat sketsa tangga bagi kelompok tangga turunan dan membuat lingkaran-lingkaran besar, sedang dan kecil bagi kelompok roda turunan. Tahap akhir, siswa menyusun laporan yang berbentuk video dari pembelajaran project mereka. Di tahap ini pula, sebelum dikumpulkan laporan yang dibuat harus dikonsultasikan konsultasi dengan guru pembimbing agar video yang dihasilkan tersistematis

Berikut adalah laporan project matematika siswa kelas XI IPS 1

1. Video Alat Peraga Putaran Diferensial

     https://youtu.be/Dp5vXyHuSRY 

2.Video Alat Peraga Tangga Diferensial

 

TINGGALKAN KOMENTAR

MAPS SEKOLAH

Agenda